Subscribe:

Selasa, 04 Desember 2012

Kenali Penyakit Rematoid Artritis

Headline
PENYAKIT rematoid pada umunya lebih banyak menyerang orang tua, yang kondisi badannya buruk serta jarang berolahraga.
Penyakit rematoid artritis adalah penyakit radang sendi yang sering menyerang persendian kecil. Seperti sendi-sendi tangan dan kaki. Penyakit ini adalah bersifat symetris. Walaupun kadang-kadang ada juga yang menyerang sendi besar dan hanya mengenai satu sendi seperti sendi bahu dan sendi pinggul.
Penyebab penyakit ini tidak jelas diketahui dengan pasti, namun menurut para peneliti ada berbagai faktor yang turut menentukan timbulnya penyakit tersebut seperti;
Cuaca, gizi yang kurang baik, adanya penyakit yang mendahului dan sebagainya.
Tanda-tanga khusus yang sering muncul pada rematoid artritis antara lain:
1. Pada pagi hari sendi merasa kaku.
2. Muncul gejala radang (nyeri, bengkak, panas, kemerahan).
3. Mula-mula gejala radang hanya satu sendi. Tetapi setelah 3 bulan biasanya menjalar ke sendi lain dan symetris. Terutama yang mengenai sendi kecil (tangan kaki).
4. Bila dilakukan pemeriksaan hasilnya positif adanya faktor rematoid, kemudian muncul benjolan pada permukaan kulit sendi dan terjadi deformitas sendi.
Gambaran klinis yang terjadi pada rematoid artritis. Cirikhas penyakit ini menyerang pada banyak sendi. Walaupun diawali dengan hanya menyerang satu sendi tetapi dengan cepat menjalar ke sendi yang lain dan bersifat bilateral.
Yang paling banyak diserang adalah sendi-sendi kecil seperti persendian tangan dan kaki. Tetapi pada orang tua banyak terserang pada sendi bahu lebih dahulu. Pada awalnya disertai dengan demam dan gejala radang.
Kemudian penderita mengeluh nyeri dan kaku sendi pada pagi hari. Kemudian diikuti timbulnya pembengkakan disekitar sendi, gerakan menjadi terbatas dan akhirnya muncul tonjolan pada permukaan kulit.
Proses selanjutnya sendi mengalami deformitas atau kelainan bentuk. Hal ini terjadi karena kerusakan kapsul sendi dan usaha membuat posisi yang dapat mengurangi nyeri.
Jalankan pola hidup sehat, yaitu dengan makan gizi seimbang, vitamin dan ditambah suplemen tertentu. Berolahraga secara teratur, istirahat dengan baik, melakukan rilexasi badan seminggu sekali (dengan massage, peregangan, exercise) sehingga bisa mencegah gangguan rematoid artritis yang dapat dilakukan sejak dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar