Subscribe:

Sabtu, 24 November 2012

3 Penyakit Akibat Infeksi Virus & Bakteri Serta Pencegahannya

Penyebaran virus melalui udara ditandai dengan timbulnya batuk yang tak sembuh-sembuh (Foto - foxnews)Sebenarnya lingkungan sekitar kita tidaklah bebas dari sumber-sumber penyakit berupa virus, bakteri, protozoa, jamur, cacing, kutu bahkan serangga (nyamuk aedes aegypti). Bahkan hewan peliharaan pun membawa bibit penyakit.

Hanya saja, virus virus dan bakteri merupakan penyebab utama penyakit atau infeksi di sekitar kita. Namun ancaman dari terjangkitnya virus dan bakteri yang menyebabkan infeksi bisa dicagah bila kita senantiasa disiplin menerapkan langkah-langkah pencegahan.

Penyebaran virus/bakteri bisa melalui tiga cara yaitu, udara, makanan dan minuman serta melalui darah dan berhubungan seks.

1.Penyebaran virus melalui udara
Ditandai dengan timbulnya batuk yang tak sembuh-sembuh. Pencehagannya, senantiasa meningkatkan daya tahan tubuh, berolahraga, makan dan minum vitamin atau suplemen serta istirahat yang cukup.

2.Penyebaran melalui makanan dan minuman
umumnya, penyakit yang menular adalah thypus, hepatitis A dan diare. Gejala thypus biasanya menimbulkan mual, perut tidak enak, tidak nafsu makan, demam dan susah buang air besar disertai suhu panas tinggi di malam hari dan pada siang hari turun.

Sementara gejala diare terlihat dengan muntah-muntah dan dehirasi. Penderita harus segera memperoleh asupan cairan melalui infus.

Hepatitis A gejalanya terlihat pada demam dan adanya rasa nyeri di ulu hati, mual-mual, kencing berwarna seperti air teh, mata kuning, buang air besar pucat. kalau sudah begii penderita harus istirahat total dan hanya mengkonsumsi makanan yang bersih, lunak dan tidak berlemak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar