Subscribe:

Selasa, 27 November 2012

5 Cara Mencegah Penyakit Jantung Untuk Perempuan Menopause


Ilustrasi 

Diet sehat, rutin latihan fisik dan menghentikan kebiasaan buruk dapat melindungi perempuan menopause dari penyakit jantung.

Perempuan menopause lebih rentan terkena penyakit jantung dan kardiovaskular.
Karenanya, diet sehat dan menghentikan kebiasaan buruk harus dilakukan untuk mencegah serangan penyakit tersebut.

Sunita Pathania, seorang ahli diet dan diabetes dari Healthy Living Diet Clinic menyarankan beberapa hal, agar perempuan menopause terhindar dari penyakit jantung.

1. Berhenti Merokok
Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar dua kali lipat. Selain itu, merokok juga dapat membahayakan orang-orang di sekitar Anda yang menjadi perokok pasif. Jika Anda bukan seorang perokok, lebih baik menjauh dari lingkungan berasap, karena perokok pasif juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

2. Menjaga Berat Badan

Usia perempuan sering dikaitkan dengan penambahan berat badan dan obesitas. Obesitas sendiri menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung. Untuk itu, Anda harus menjaga berat badan Anda. Hindari makanan berlemak atau makanan cepat saji.

3. Latihan Fisik

Untuk menjaga jantung agar tetap sehat, Anda harus aktif dan latihan fisik secara teratur. Setidaknya lakukan 30 menit  setiap hari. Latihan fisik dengan teratur juga membantu memompa darah ke seluruh tubuh lebih efisien dan mengurangi risiko penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, dan stres. Selain itu, latihan fisik juga membantu menjaga  kadar gula darah.

4. Makanan Bergizi 

Selain menjaga berat badan, Anda juga harus diet kaya serat dan rendah lemak. Karenanya, memperbanyak konsumsi sayuran hijau, buah segar, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan perlu dilakukan.

5. Pemeriksaan Kesehataan Rutin

Untuk mencegah masalah kesehatan, lebih baik melakukan pemeriksaan medis secara rutin. Penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung. Semakin cepat gejala penyakit diketahui, maka semakin cepat Anda dapat menanganinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar