Subscribe:

Kamis, 22 November 2012

Nyeri kronis bisa disebabkan penyakit keturunan?

Nyeri kronis bisa disebabkan penyakit keturunan?


Rasa nyeri yang kronis seringkali muncul tanpa sebab. Tetapi, tahukah Anda bahwa nyeri bisa jadi penyakit keturunan? Baru-baru ini, sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa remaja yang memiliki orang tua dengan nyeri kronis berisiko tinggi mengalami penyakit yang sama.

Studi ini telah melibatkan lebih dari 5.300 remaja (berusia 13-18 tahun) di Norwegia. Hasilnya membuktikan bahwa remaja lebih cenderung mengalami rasa nyeri yang sama, bila salah satu atau kedua orang tua mereka menderita rasa nyeri yang kronis. Hasil studi ini diterbitkan secara online dalam jurnal Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine pada tanggal 19 November lalu.

"Setelah disesuaikan dengan faktor sosial ekonomi dan psikososial, hasil temuan kami ternyata tidak berubah. Tetapi, jenis struktur keluarga memang berpengaruh," kata Dr. Bradley Flansbaum, an internist at Lenox Hill Hospital in New York, seperti dilansir Health.com, (22/11). "

Nyeri kronis bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Apalagi jika diabaikan begitu saja. Apakah Anda merasakan rasa nyeri yang berulang-ulang? Kalau ya, segera konsultasikan dengan dokter. Siapa tahu Anda itu bukan keluhan biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar