Subscribe:

Rabu, 21 November 2012

Cedera Otak dan Pestisida Tingkatkan Risiko Penyakit Parkinson?


Parkinson adalah kondisi saraf yang mengakibatkan tremor 

Kombinasi cedera otak dan pestisida membuat seseorang berisiko tinggi terkena Parkinson.
Cedera otak dapat mempengaruhi kesehatan dalam jangka panjang, ini menurut sebuah penelitian baru. Hal ini berlaku, terutama jika orang-orang yang menderita cedera otak hidup di daerah yang terkontaminasi dengan pestisida. Dikatakan bahwa mereka akan meningkatkan risiko penyakit Parkinson tiga kali lebih tinggi.

"Kombinasi cedera otak dan pestisida benar-benar membuat seseorang berisiko tinggi terkena Parkinson," jelas kepala penulis penelitian, Dr Beare Ritz dari UCLA's Fielding School of Public Health.

Seperti dilansir CBS News (20/11), Parkinson adalah kondisi saraf yang mengakibatkan tremor (gemetaran), perlambatan gerakan, kekakuan pada lengan atau kaki, dan masalah keseimbangan. Sebabnya adalah hilangnya sel-sel otak yang memproduksi dopamin, hormon alami yang tugasnya meregulasi pergerakan tubuh.

Melalui penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurology, para ahli membandingkan 357 penderita Parkinson dengan 754 orang-orang normal. Seluruh responden berasal dari California dan ditanyai apakah mereka pernah mengalami cedera otak yang mengakibatkan pada ketidaksadaran lebih dari lima menit. Kondisi kesehatan responden yang berkaitan dengan paparan pestisida juga diamati.

Beberapa penelitian sebelumnya menyebutkan cedera otak dapat meningkatkan risiko penyakit Parkinson. Kini, pernyataan itu diperkuat dengan penelitian terbaru bahwa kombinasi cedera otak dan pestisida meningkatkan risiko penyakit Parkinson hingga tiga kali lipat.

"Penelitian ini membuktikan bahwa proses fisiologis yang disebabkan dari cedera otak membuat sel-sel menjadi rapuh. Sehingga pestisida yang masuk bersifat sebagai racun pada otak," terang Dr Ritz.

Namun, Dr Andrew Feigen dari Feinstein Institute for Medical Research yang tidak terlibat dalam penelitian menggarisbawahi bahwa Parkinson adalah penyakit genetik. Jadi penelitian Dr Ritz tidak bisa disimpulkan kalau cedera otak adalah penyebab utama dari penyakit Parkinson.

"Ini hanya salah satu risiko. Sebab banyak orang terkena paparan pestisida tidak menderita Parkinson dan kebanyakan pasien Parkinson juga tidak terlalu sering mengalami paparan pestisida," pungkas Feigen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar